Minggu, 04 Maret 2012

Jaringan Komputer : Sejarah dan Perkembangan Singkat


Kali ini saya akan membahas mengenai Jaringan Komputer. Sebenarnya kita sudah sering berhubungan dengan yang namanya Jaringan Komputer. Secara garis besar atau yang dapat saya simpulkan, jaringan komputer berarti dua komputer atau lebih atau juga alat elektronik (modem, printer, dll) yang saling terhubung melalui media jaringan dan dapat saling berbagi data.

Sejarah dan Perkembangan Jaringan Komputer

Sejarah Jaringan komputer itu sendiri berawal dari ditemukannya komputer itu sendiri. Yang lalu berkembang menjadi komputer personal yang saling terhubung satu sama lain dengan dalam sebuah jaringan.

 
Awal mula jaringan komputer berdasarkan konsep jaringan tahun 1940’an di Amerika yang dipimpin oleh Prof.Howard Aiken dalam proyek MODEL 1 di lab.Bell dan grup riset Univ.Harvard. untuk memanfaatkan komputer bersama. Kemudian dibuat proses beruntun (Batch Processing) dengan sistem antrian.

Pada tahun 1950’an pertama kalinya bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan. Dengan mulai terciptanya super komputer. Dengan sebuah komputer yang digunakan sebagai terminal atau mengepalai komputer lain. Konsep yang berdasar waktu ini dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System). Yang terhubung secara seri dalam jaringan (host). Proses TSS perpaduan teknologi komputer dan teknologi komunikasi.

Pada tahun 1969 DARPA(Defense Advanced Research Agency) dari departemen pertahanan Amerika. Mengadakan riset tersendiri. Yang dikenal dengan ARPANET. Di tahun 1970 lebih dari 10 komputer berhasil dihubungkan. Ketika perangkat komputer dirasa semakin mahal, maka mulai digunakan konsep proses distribusi (Distributed Processing).

Tahun 1972, Roy Tomlinson sukses menyempurnakan Email. Yang setahun sebelumnya dibuat untuk ARPANET. Pada tahun yang sama dikenalkan ikon @. At atau pada.

Tahun 1973 jaringan ARPANET semakin berkembang keluar Amerika Serikat. University College di London komputer pertama diluar AS yang tergabung dalam ARPANET. Di tahun yang sama dua ahli komputer Vinton Cerf dan Bob Kahm menjadi cikal bakal Internet. Dengan di presentasikan pertama kali di Universitas Sussex.

Lalu peristiwa penting tanggal 26 Maret 1976. Ketika Ratu Inggris berhasil mengirim Email dari Royal Signals and Radar Establishment di Malven.

Setahun kemudian lebih dari 100 komputer tergabung dalam ARPANET membentuk jaringan. Manfaat jaringan semakin berkembang dengan diciptakannnya newsgroup pertama tahun 1979 oleh Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin. Disusul telepon televisi atau video link. Tahun 1981 oleh France Telecom.
Akhirnya setelah bertambahnya komputer dalam jaringan resmi dibentuk TCP (Transmission Control Protocol) di tahun 1982. Yang lebih dikenal IP (Internet Protokol).

Pada tahun 1984 dikenal sistem penamaan domain. Dan jumlah pemakai jaringan bertambah pesat 1000 lebih di tahun 1984 dan mencapai lebih dari 10000 di tahun 1987.

Jarkko Oikarinen seorang berkebangsaan Finlandia tahun 1988 memperkenalkan IRC (Internet Relay Chat) untuk berinteraksi langsung dengan mengirim pesan atau Chatting.  Ini menambah pengguna jaringan hingga tidak kurang dari 100000 dalam sebuah jaringan.

Tahun paling bersejarah, pada pertengahan tahn 1990 Tim Berners Lee merancang program penyunting dan penjelajahan dengan membentuk jaringan. Disebut Waring Wera Wanua atau WWW (Word Wide Web). 

Di tahun 1992 lebih dari sejuta komputer terhubung membentuk jaringan. Dan muncullah istilah Surfing atau menjelajah. 1994, situs di internet tumbuh hingga 3000 alamat. Dan mulailah muncul berbelanja melalui internet dan ditahun yang sama Yahoo! Didirikan.





Insya Allah tidak ada halangan untuk menerbitkan artikel lain seputar Jaringan Komputer.


Sumber: 
http://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer#Sejarah
http://www.jaringankomputer.org/sejarah-jaringan-komputer-internet/

0 komentar: