Minggu, 13 November 2016

Bunga Cantik yang Misterius - Red Spider Lily -

Si cantik yang misterius. Bunga merah mempesona ini dikenal dengan nama Red Spider Lily. Selalu menampakkan dirinya pada setiap kisah sedih.

©Flickr/Daisuke tashiro 




Adakah dari kalian yang pernah mendengar mana bunga ini?  Atau ada yang memilikinya? Kalau boleh sekali aku ingin memilikinya L

Bunga merah cantik ini masih tergolong dalam keluarga amaryllis dan disebut red spider lily. Di jepang dikenal dengan nama Higanbana. Meski menurut artikel yang ditulis oleh Gary W. Knox bunga ini bukan berasal dari jepang namun dari daratan china, korea. 

Meskipun bunga ini biasanya mekar di akhir musim panas  atau musim gugur, namun tumbuh subur pula jika curah hujan tinggi.  Karenanya disebut pula “lili badai”.

Bunga cantik ini sudah cukup menarik perhatianku. Entah kenapa setiap adegan yang sedih atau tragis bunga ini sering muncul. Warna merahnya yang cantik tapi juga kadang-kadang jadi terlihat mengerikan karena alur cerita yang menyertainya. Setelah berkali-kali melihatnya aku mulai penasaran dengan bunga ini.


Untuk para pecinta anime pasti familiar dengan penggalan adegan ini. Bagaimana kumpulan mawar putih ini tiba-tiba berubah menjadi red spider lily. Kalau kalian tahu ceritanya....! Ini benar-benar tragis dan penggalan adegan ini menyimpan makna yang dalam sekali. 

anime Tokyo Ghoul


Untuk yang satu ini, adalah gambar dari sebuah manga Scarlet Fan karya Kumagai Kyoko. Warna merah bunga inilah yang membuatku penasaran. Sudah beberapa kali masuk toko buku dan melihat sampulnya. Akhirnya terbeli juga J. Tidak menyesal sedikitpun ceritanya benar-benar bagus. 

manga scarlet fan

 Uhhhh setiap kali melihatnya , aku tidak pernah berhenti berfikir kalau bunga ini memiliki daya tarik tersendiri. 

Benar saja dalam Hanakotoba (bahasa bunga di Jepang), bunga ini berarti "Tidak akan pernah bertemu kembali", "kenangan yang terlupakan", "ditinggalkan". Makanya bunga itu muncul hanya di saat-saat tertentu.

Higanbana digambarkan dalam kitab Sutra Teratai terjemahan Cina dan Jepang sebagai bunga cantik yang tumbuh di Diyu (neraka) atau Huángquán, yang membimbing orang yang telah meninggal menuju reinkarnasi berikutnya. maka nama "Higanbana (彼岸花)" sendiri secara harfiah berarti "bunga higan (pinggir Sungai Sanzu)", "menghiasi dan menyenangkan", serta "bunga akhirat di gokuraku jyōdo".

Ternyata arti dibalik nama bunga ini cukup seram dan menyedihkan. Tapi tidak mengurangi rasa tertarikku pada bunga ini. Bahkan aku makin ingin memilikinya untukku sendiri. Akan kutanam di ujung tamanku kalau memungkinkan.



BlackWings -

0 komentar: